MUKTAMAR XXIX SCMM BEM FMIPA UNM

Hajatan tahunan yang merupakan momen pergantian kepengurusan SCMM ini mengambil tema “Memantapkan Peran Dakwah dan Tarbiyah Meretas Visi Kampus Islami 2013” dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA UNM yang diwakili oleh Ayahanda Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. H. Ramli Umar, M.Si. di Gedung FF 103 dan 104.

    Semarak Muktamar XXIX SCMM BEM FMIPA UNM berlangsung selama lima hari. Hari pertama, Rabu 01 Februari 2012, setelah pembukaan Muktamar, dilanjutkan Kajian Ilmiah "Mengungkan Misteri Dibalik Angka 7"  yang dikaji oleh 2 orang pemateri, yakni Dr. Awi Dassa, M.Si (Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNM) dan Ustadz Akrama Hatta, Lc (Dosen   Ma'had Aly Al Wahdah). Kajian Ilmiah ini juga dihadiri oleh Ketua BEM FMIPA UNM, Sultan Rustan dan Perwakilan beberapa lembaga dakwah fakultas di UNM dan UNISMUH. Pada hari yang sama, ba'da maghrib peserta muktamar yang terdiri dari kakanda alumni SCMM, pengurus SCMM, calon pengurus, panitia angkatan 2011, dan beberapa perwakilan LDF bertolak dari Masjid Ulil Albab menuju ke lokasi, Kabupaten Bone dengan menggunakan bus UNM. Ketua Umum SCMM sendiri bertindak sebagai pemimpin safar. Akhirnya peserta Muktamar tiba di lokasi pada pukul 00. 30. 
Keesokan harinya, dilaksanakan Bakti Ilmiah di SMA Negeri 1 Lappariaja selama dua hari. Bakti Ilmiah ini terdiri dari beberapa item kegiatan antara lain : 
1. Leadership Quantum Training, dengan tema "Mencetak Pemimpin Berkarakter menuju Sekolah Unggulan". LQT ini merupakan latihan kepemimpinan yang dikhususkan untu pengurus osis, dengan pemateri Ketua FSI RI UNM, Ketua SCMM BEM FMIPA UNM, dan seorang pemateri nasional.
2. Pelatihan Praktikum (Fisika dan Biologi). Sasaran kegiatan ini adalah seluruh kelas XII IPA. Untuk praktikum fisika, diberikan bimbingan pengukuran dasar, sedangkan jurusan biologi berupa pelatihan cara membuat VCO (Virgin Coconut Oil), yakni pembuatan minyak kelapa tanpa harus dimasak. Peserta pelatihan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan banyak berdiskusi dengan instruktur, yang merupakan asisten-asisten di jurusan mereka masing-masing.
3. Pengobatan Gratis. Kegiatan ini yang paling seru dan banyak diminati. Beberapa guru dan siswa mendaftarkan diri untuk dibekam. Pengobatan dengan bekam ini merupakan pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor sesuai sunnah Rasulullan. Dilakukan oleh pengurus SCMM yang ahli dalam hal ini.
4. Safari Jum'at. Kegiatan ini berupa pengutusan pengurus dan kader untuk mengisi khutbah jumat dibeberapa masjid di kecematan Lappariaja, Kabupaten Bone. Banyak kisah-kisah lucu, unik, dan menarik dalam kegiatan ini disebabkan kurangnya persiapan ikhwa untuk tampil khutbah.

Setelah kegiatan ini selesai, peserta muktamar kemudian melanjutkan  perjalanan ke Desa Walimpong, Kabupaten Bone yang merupakan lokasi muktamar. Proses muktamar dilaksanakan di rumah salah seorang pengurus SCMM dan berlangsung selama 2 hari.  Dari muktamar ini,  tim formatur akhirnya memilih al Akh A. Asdar Abuhaerah, jurusan Fisika angkatan 2009 sebagai ketua umum definitif (terpilih) SCMM BEM FMIPA UNM periode 1433-1434 H/2012-2013 M setelah diseleksi dari 7 bakal calon dan 3 calon. Beliau menggantikan A. Muh Akhyar, ketua umum periode sebelumnya.

Setelah seluruh rangkaian muktamar selesai, ikhwa melanjutkan rihlah ke Pantai di Kabupaten Sinjai dan silahturahmi di rumah ikhwa. Akhirnya peserta muktamar kembali ke makassar pada hari Ahad, 05 Februari 2012.

Selamat kepada pengurus baru, dan keep istiqomah. Visi 2013, Bisa !!!


Comments

Popular posts from this blog

Tidak Sekedar “Pulang Kampung” (Buletin Asy-Syabab Edisi 11)

Pemenang Quiz Buletin Asy-Syabab pada Edisi 11