UNM Corner Akan Segera Launching

DPP, Untuk membahas kelanjutan kerjasama antara Yayasan Makkah AlMukarramah yang berpusat di Makkah Saudi Arabia dengan Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam hal pendirian Pusat Studi Islam “Madinah Almunawwarah Corner"., Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah Ustadz Muh.Zaitun Rasmin, Lc, MA bersama Direktur Ma’had ‘Aly al Wahdah Ustadz Ilham Jaya, Lc bersilaturahmi dengan Rektor UNM, Kamis 18 Maret 2010.


Rombongan diterima di Ruang Rektor UNM, didampingi oleh PR IV DR Nurdin None M.Hum. Dalam pembicaraannya dengan Rektor, Ustadz Zaitun menegaskan kembali tentang kesiapan Yayasan Makkah untuk menfasilitasi berdirinya Pusat Studi Islam “Madinah Almunawwarah Corner" di UNM. “ Insya Allah dalam waktu dekat ini, pihak Yayasan Makkah akan segera melengkapi fasilitas yang dibutuhkan,” kata Ustadz, sesuai dengan pertemuan terakhir dengan Direktur Yayasan Makkah beberapa waktu lalu.

Saat mengunjungi lokasi yang akan ditempati UNM Corner nantinya di Lt.II Perpustakaan, Ustadz didampingi oleh PR IV dan Kepala Perpustakaan, terlihat bahwa pihak UNM sudah siap dengan kerjasamanya ini. Lokasi yang dinamai UNM dengan Pojok Madinah Al Munawarah ini sudah ditata sedemikian rupa persiapan lokasinya. Dinding Luar Pojok Madinah ini, menurut PR IV didesain dengan perpaduan arsitektur Timur Tengah dan Makassar. Kesiapan lokasi ini juga sudah nampak di dekat pintu masuk, dengan tulisan nama terbingkai melingkar “Pojok Madinah Al Munawwarah Universitas Negeri Makassar” di dinding kaca depan disertai dengan tulisan arabnya. Walaupun ada sedikit koreksian tulisan arabnya oleh Ustadz.

Kerjasama antara UNM dan Yayasan Makkah yang berpusat Di Saudi Arabia ini dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor UNM Prof.Dr.H.Aris Munandar, M.Pd dengan Direktur Yayasan Makkah Al Mukarramah Cabang Madinah Syeckh Abdul Muchsin Al Harby di Hotel Sahid Makassar Sabtu 28 Maret 2009 lalu, usai Syeckh mengisi materi dalam International Conference on Human Rights and Conflict Transformation & Peace yang digelar UNM.

Penandatanganan ini disaksikan oleh PR IV UNM yang juga Ketua Panitia Konferensi DR Nurdin None M.Hum, DR.Hasnawi Haris, M.Hum dan peserta Konferensi.

Setelah penandatangan MoU, Rektor UNM bersama PR IV mendampingi Syech Muchsin meninjau lokasi di Gedung Perpustakaan Kampus UNM Gunung Sari.

Kerjasama yang dimediasi Wahdah Islamiyah ini, berupa penyedian ruangan khusus di kampus UNM yang nantinya berfungsi sebagai tempat studi literatur Islam bagi Mahasiswa dan Civitas UNM baik berupa buku dan referensi audio visual, diskusi-diskusi keislaman.

Selain itu ,menurut Ilham Jaya, Lc (Direktur Stiba Wahdah) yang mendampingi Syeckh, bahwa di Madinah Almunawwarah Corner ini nantinya juga sebagai tempat pameran perkenalan tempat-tempat bersejarah dunia arab, kota Madinah, penampilan sejarah kehiidupan Nabi yang mulia Muhammad SAW, serta sebagai tempat kegiatan-kegiatan keislaman lainnya.

UNM merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan Yayasan ini, setelah sebelumnya bentuk kerjasama semacam ini telah dijalin dengan International University Malaysia dan Salah satu perguruan tinggi di Singapura.

wahdah.or.id

Comments

Popular posts from this blog

Tidak Sekedar “Pulang Kampung” (Buletin Asy-Syabab Edisi 11)

Pemenang Quiz Buletin Asy-Syabab pada Edisi 11