Resume Buku MISYKAT - Refleksi tentang Islam, Westernisasi & Liberalisasi

Penulis : Hamid Fahmy Zarkasyi
Penerbit: INSISTS (Institute for The Study of Islamic Thought and Civilization)
Tahun Terbit :   Cetakan pertama April 2012
                          Cetakan kedua Oktober 2012

TENTANG PENULIS

Pendidikan Menengah :Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor
Pendidikan Tinggi
S1: Institut Studi Islam Darussalam
S2(M.A.Ed) :University of Punjab, Pakistan
S2(M.Phil) :University of Birmingham, Inggris
S3(Ph.D) :International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC), Malaysia
Kini ia Direktur ( Institute for The Study of Islamic Thought and Civilization) ,Jakarta; Direktur Center for Islamic and Occidental Studies (CIOS) ISID,  Gontor. Pada Januari 2012 ia dipilih menjadi Ketua MIUMI ( Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia)
 


 Misykat secara umum berisi kumpulan artikel Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi baik yang telah dipublikasikan di media maupun yang belum dipublikasikan. Buku ini membuka wawasan dan pengetahuan kita tentang westernisasi, liberalisasme, sekularisme dan dampaknya terhadap umat islam dan apa kaitannya dengan peradaban dunia. Beberapa judul yang diangkat dalam buku ini yaitu tentang Kebenaran, Kecerdasan dan Keimanan, ATEIS, dari WTC ke Liberalisasi, Perihal Toleransi, Menggugat Syariat.
Tidak bisa dipungkiri, realita menunjukkan saat ini kita harus menghadapi tantangan wesrenisasi dan liberalisasi, tahukah kita sadar atau tidak bisa jadi kita telah terpengaruh atau bahkan telah mendukung hal tersebut. Judul buku yang di ambil dari penggalan ayat Q.S An-Nur:35 ini diharapkan dapat menjelaskan atau menerangkan yang selama ini kabur dan tidak jelas, mengisi yang selama ini kosong dan membuka apa yang selama ini ditutup-tutupi, serta mengkritik konsep yang diapresiasi orang dan mengapresiasi konsep yang dikritik orang, begitulah tuturan penulis.
Buku ini sangat menarik, sebegitu menariknya buku ini telah dibedah sebanyak empat kali, namun kali ini bedah buku yang insya Allah berlangsung pada tanggal 21 Desember 2014 di Ball Room Phinisi Lt.2 berbeda dari yang seblumnya karena akan dibedah langsung oleh penulisnya.

KOMENTAR

“Spektakuler! kolom misykat Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi di jurnal Islamia Republika selama tiga tahun (2009-2012) menjadi kolom yang paling banyak di baca orang. Berciri khas: lugas, cerdas dan bernas. Buku kumpulan misykat ini membuktikan, Dr. Hamid saat ini merupakan salah satu dari sederet kolumnis terbaik di Indonesia. Selamat membaca.”
Dr. Adian Husain (Mantan Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia)

“ Lugas, cerdas dan bernas! Itulah kata-kata yang paling pas untuk menggambarkan isi buku yang ditulis oleh Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi , M.Phil ini.”
Koran Republika

“Kekaguman berlebihan pada jalan pikiran dan gaya hidup Eropa-Amerika yang diusung liberalism terutama dalam dekade ini berikut segala destruksi patologisnya di negeri kita, menyebabkan buku Misykat karya Dr.  Hamid Fahmy Zarkasyi ini terkesan sangat mencerahkan dan memerkukuh keyakinan pada cahaya kebenaran Islam. Semoga cetakan berikutnya berlanjut terus.”
Taufiq Ismali (Penyair).

Comments

Popular posts from this blog

Tidak Sekedar “Pulang Kampung” (Buletin Asy-Syabab Edisi 11)

Pemenang Quiz Buletin Asy-Syabab pada Edisi 11