Selayang Pandang SCMM


Studi Club Maipa Muslim (SCMM) adalah suatu lembaga yang mewadahi aktivitas keislaman mahasiswa muslim di FMIPA UNM. SCMM merupakan satu biro yang bersifat semi otonom di bawah naungan BEM FMIPA UNM. Study Club ini didirikan di kampus IKIP Gunung Sari Baru Ujung Pandang (sekarang UNM Makassar) sekitar 32 tahun yang silam, tepatnya tanggal 03 Oktober 1983. Lumayan tua jika dibandingkan dengan kita saat ini.

Selama masa 11 tahun pertama, SCMM hanya beranggotakan mahasiswa muslimah saja (akrab dipanggil akhawaat) dan namanya pun hanya MAIPA. Nanti pada periode 1995/1996, keanggotaannya diperluas dengan bergabungnya mahasiswa muslim (akrab dipanggil Ikhwan) dan namanya menjadi Study Club Maipa Muslim disingkat SCMM, berdasarkan SK SM FMIPA No.011/SK FPMIPA/VI/1995 tanggal 09 Juni 1995. sejak itu, Kepemimpinan SCMM berada pada ikhwan (khan yang berhak memimpin adalah kaum Adam), sedangkan akhawaat berada dalam Departemen Akhawaat yang semi independen, yang dalam menjalankan fungsinya dibantu oleh Koorps Akhawaat, dan itulah yang berlaku hingga saat ini. Alhamdulillah, aktivis dakwah yang diemban oleh SCMM semakin berkembang dengan adanya perluasan keanggotaan tersebut.

SCMM BEM FMIPA UNM berazaskan Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang Shahih sesuai dengan pemahaman generasi terbaik umat Islam (sahabat nabi) , dan bertujuan membina ukhuwah Islamiyah melalui pembinaan (tarbiyah) demi terwujudnya mahasiswa muslim/muslimah yang mempunyai wawasan intelektual dan spiritual yang shahih menuju keselarasan iman, ilmu, dan amal.
Tahu nggak, kenapa dinamakan SCMM? Study Club itu ‘kan tidak lain adalah kelompok belajar. Maipa Muslim? Maipa itu diambil dari nama seorang pejuang wanita Sulawesi Selatan yang rela syahid ketimbang menyerahkan kehormatannya kepada penjajah Belanda. Dia adalah Maipa Diapati. Namanya mungkin tidak begitu terkenal, akan tetapi semangat juangnya begitu menggugah para pendiri SCMM, yang saat itu masih dipegang oleh ibunda yang sekarang adalah dosen-dosen kita. Sedangkan Muslim, karena keanggotannya terbuka hanya untuk mahasiswa dan mahasiswi FMIPA UNM.

Comments

Popular posts from this blog

Tidak Sekedar “Pulang Kampung” (Buletin Asy-Syabab Edisi 11)

Pemenang Quiz Buletin Asy-Syabab pada Edisi 11