Shaum In MIPA (SIM) Jilid I

Bismillah, salam ukhuwah kepada pembaca sekalian..

Alhamdulillah salah satu program kerja kami berjalan lancar, yakni SIM (Shaum In MIPA) dengan tema "membina ukhuwah civitas diatas sunnah di fakultas Biru". Kegiatan ini merupakan program kerja dari departemen Hubungan Masyarakat (HUMAS) yang merupakan bidang negosiator dan juru bicara dari SCMM BEM FMIPA UNM. SIM lahir dengan beberapa latar belakang, diantaranya adalah:
1. Syiar sunnah yang telah meredup dikalangan kaum muslimin, khususnya mahasiswa muslim FMIPA yang notabene mengaku umat Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam
2. Hilangnya nilai-nilai islam di dunia kampus
3. Hilangnya silaturahim diantara mahasiswa FMIPA yang terpetak-petakkan oleh bendera jurusannya masing-masing, terutama antara mahasiswa dan dosen.

Sehingga beberapa hal tersebut melahirkan inisiatif dari SCMM BEM FMIPA UNM untuk mencanangkan suatu kegiatan untuk menutupi hal tersebut diatas. Terlebih lagi SCMM sebagai biro kerohanian dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA UNM yang mewadahi ruhiah keagamaan mahasiswa FMIPA UNM.

Kegiatan ini terbingkai dalam suatu amalan sunnah dari Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam yakni puasa senin kamis, namun sebagai langkah awal kami merutinkan puasa pada hari kamis dan jika partisipasi dari mahasiswa FMIPA telah maksimal, maka insha Allah juga akan diadakan pada hari seninnya. 

Kegiatan ini ditutup dengan prosesi buka puasa bersama yang akan diisi dengan nasihat-nasihat dari ayahanda dosen FMIPA UNM sebagai bentuk penanaman hubungan erat antara mahasiswa dan dosen yang ada di fakultas biru ini.


Alhamdulillah kami telah melaksanakan SIM untuk jilid yang pertama yang terhiasi oleh partisipasi mahasiswa FMIPA yang khidmat berpuasa pada hari itu, yakni pada hari kamis tanggal 7 april 2015. Adapun untuk sumber dana prosesi buka puasa bersama berasal dari infaq mahasiswa FMIPA yang berpuasa pada hari itu, dan alhamdulillah untuk jilid I ini infaq berhasil terkumpulkan Rp.672.000,- yang kemudian dialokasikan sebagai hidangan berbuka puasa. 

Prosesi buka puasa bersama dilaksanakan di masjid kampus Ulil Albab UNM Parangtambung, dan alhamdulillah dihadiri oleh mahasiswa dan sebagai dosen pembicara adalah ayahanda Iwan Dini, S.Si, M.Si, salah seorang dosen jurusan kimia FMIPA UNM.

Panitia pelaksana SIM mengucapkan terima kasih atas partisipasi mahasiswa FMIPA UNM maupun pihak-pihak yang telah membantu jalannya kegiatan ini, dan Insha Allah jilid I ini merupakan langkah awal diadakannya SIM dan akan berjalan rutin tiap kamis pada pekan-pekan aktif kuliah yang akan datang.

Comments

Popular posts from this blog

Tidak Sekedar “Pulang Kampung” (Buletin Asy-Syabab Edisi 11)

Pemenang Quiz Buletin Asy-Syabab pada Edisi 11