Peristiwa di Bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah ini adalah bulan ke duabelas pada hitungan Tahun Hijriyah. Bulan ini termasuk bulan suci dan bulan yang istimewa, karena di dalamnya terdapat peristiwa-peristiwa besar seperti peristiwa qurban, haji, dan peristiwa-peristiwa lainnya.
Di bawah ini adalah peristiwa sejarah ummat Islam yang pernah terjadi di Bulan Dzulhijjah.

26 Dzulhijjah 13 H
Khalifah Umar bin Khaththab terbunuh secara syahid  setelah ditikam oleh seorang Majusi yang bernama Abu Lu’lu’ah dengan pisau belati yang beracun. Saat peristiwa itu terjadi, Khalifah Umar sedang memimpin shalat shubuh. Umar Ibnul Khaththab memimpin daulah Islam selama 10 tahun dengan keadilan dan kejayaan bagi ummat Islam, bahkan kemenangan demi kemenangan selalu dicapai di setiap peperangan. Pada masa pemerintahannya, Mesir, Al-Quds, bahkan sampai Persia pun dapat ditaklukan.

11 Dzulhijjah 571 H
Shalahuddin Al-ayyubi seorang pejuang Islam dari Irak Utara, bersama pasukannya berhasil menerobos benteng ‘Azaz yang pada saat itu dianggap mustahil untuk menerobosnya karena benteng tersebut terkenal sangat kuat dan kokoh. Setelah mengepung selama 38 hari,  akhirnya benteng tersebut jatuh ke tangan kaum Muslimin. Shalahuddinpun naik ke benteng setelah penyerahan benteng tersebut kepadanya. Nilai strategisnya benteng ini adalah sebagai tempat berkumpulnya pasukan kafir dari Aleppo (Halab, Syiriya) dan pasukan salib dar Athaqia.

4 Dzulhijjah 616 H
Pasukan Mongol di bawah pimpinan Jenghiz Khan berhasil menaklukkan Kota Bukhara setelah mengepungnya selama 3 hari. Kejatuhan ummat Islam atas bangsa Mongol saat itu dikarenakan kurangnya persatuan antar ummat Islam, sehingga mereka diusir dari kota dan yang masih tersisa di dalam kota semuanya dibunuh. Selanjutnya Bangsa Mongol membakar kota tersebut.

(sumber: Qiblati ed.03/IV-Thariq A.)

Comments

Popular posts from this blog

Tidak Sekedar “Pulang Kampung” (Buletin Asy-Syabab Edisi 11)

Pemenang Quiz Buletin Asy-Syabab pada Edisi 11